Tuesday, October 22, 2013

Bina Hutan Rakyat 2013

Cerita kegiatan pertama akan kita mulai dari kegiatan BHR alias Bina Hutan Rakyat. Apa sih sebenernya Bina Hutan Rakyat itu? Bina Hutan Rakyat merupakan salah satu program Divisi Keprofesian, Forest Management Students Club. Program ini merupakan program sosial dari FMSC dengan objek kegiatan hutan rakyat di Bogor. Kegiatan ini telah terlaksana sejak kepengurusan sebelumnya, namun tempat pelaksanaan kegiatan pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya.
Yukk diperhatiin biar pinter~~

Lantas mengapa kegiatan ini menjadi sebuah kegiatan yang penting? Seperti yang kawan – kawan ketahui bersama di pulau Jawa belakangan ini kegiatan hutan rakyat merupakan suatu usaha yang kelihatannya semakin berkembang. Perkembangan kegiatan hutan rakyat ini bahkan telah menjalar hingga Bogor loh. Nah, tentunya sebagai seorang rimbawan perkembangan hutan rakyat ini perlu diberikan tanggapan positif. Salah satu tanggapan positif FMSC terhadap perkembangan ini adalah dengan melaksanakan kegiatan Bina Hutan Rakyat. Kegiatan ini secara garis besar bertujuan untuk mendukung pengusahaan hutan – hutan rakyat yang semakin berkembang belakangan ini. 



Pada tahun ini, Bina Hutan Rakyat dilaksanakan di Desa Gobang, Kecamatan Rumpin, Bogor Barat, Bogor. Pelaksanaan kegiatan Bina Hutan Rakyat ini dilakukan ke dalam beberapa tahap. Tahap pertama dari kegiatan BHR ini adalah mengadakan kegiatan FGD (Focus Discussion Group). Pelakasanaan FGD ini memiliki tujuan untuk memetakan keinginan masyarakat dalam memajukan kegiatan hutan rakyat di desa mereka, sehingga output yang diinginkan oleh petani dapat tersalurkan dengan baik kepada kami, dan tentunya FGD ini juga merupakan sarana bagi mahasiswa manjemen hutan untuk lebih mengenal mengenai petani hutan dan hutan rakyatnya.
Mba Pebi lagi diskusi nih~
Evaluasi panitia nih kayanya
Bapak Kelompok Tani Kece banget dah :3
Dari tahap pertama tersebut didapatkan hasil bahwa bentuk kegiatan yang diinginkan masayarakat berupa penanaman jahe sebagai bentuk agroforestry serta penanaman bibit tanaman kayu gratis. Maka pada tahap kedua, FMSC mengadakan pemberian bantuan berupa bibit dan benih jahe sekaligus dilakukan penanaman di salah satu kebun milik warga.


 Pada tahap ketiga yang duilaksanakan baru – baru ini yaitu pada tanggal 12 Oktober 2013, kelompok tani mendapatkan bantuan bibit sejumlah 2.200 yang terdiri dari bibit Gmelina, Sengon, Akasia, dan Mahoni, Suren, Rambutan. Bibit – bibit ini merupakan bibit tanaman kayu yang akan ditanam di hutan masyarakat.
Kegiatan Bina Hutan Rakyat ini tentunya diharapkan masih dapat dilanjutkan minimal dalam satu tahun ke depan. Hal ini dimaksudkan agar ada pengelolaan secara berkelanjutan sehingga dampak yang dirasakan oleh warga lebih terasa serta menunjukkan hasil yang nyata. Jadi walaupun kegiatan BHR 2013 ini sudah selesai, tetapi tetap diperlukan totalitas dalam pengawasan kegiatan ini ke depannya. Pengawasan ini tentunya perlu dukungan dari semua pihak agar pengusahaan hutan rakyat yang sedang melesat pamornya sekarang tidak pernah padam. Seperti kata pepatah almost is never enough jadi mari tunjukkan totalitas tanpa batas untuk kehutanan kita! :) [FMSC/RTM & MNH]




Pak Cahyo emang kece dan selalu bersemangat :D

Nih Cara lepasin tanaman dari polybag yang bener~

Penyerahan bibit jahe - jahean nih
Bibit Akasia
Bibit Gmelina
Bibit Mahoni
Bibit Rambutan


Ucapan terima kasih: Masyarakat Desa Gobang atas partisipasinya, Dosen – dosen yang sudah turut membantu, panitia yang sudah berusaha semaksimal mungkin, dan masih banyak lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Terima kasih~ :D

2 comments: