Wednesday, January 30, 2013

Bioretensi

Seperti yang telah diketahui beberapa minggu terakhir ini banyak dikawasan Indonesia dilanda banjir karena curah hujan yang tinggi. Ibukota Indonesia "Jakarta" merupakan salah tempat terparah yang dilanda banjir, hingga ada dua orang yang menjadi korban. Berbagai upaya telah dilakukan seperti memompa air untuk menyurutkan banjir, menyebarkan NaCl hingga awan yang membawa hujan ke Jakarta dapat terhambat. Kurangnya daya serap air dan kotornya sungai ciliwung membuat banjir di Jakarta semakin lama semakin parah.
Beberapa waktu lalu Institut Pertanian Bogor memperkenalkan salah satu metode peresapan air yaitu Bioretensi. Bioretensi merupakan teknologi aplikatif dengan mengambungkan unsur tanaman, (green water) dan air (blue water) di dalam suatu bentang lahan dengan semaksimal mungkin merespkan air ke dalam tanah. Green water adalah air yang tersimpan di pohon dan lahan, sedangkan blue water adalah air yang tertampung dalam bentuk mata air, sungai dan danau. Bioretensi merupakan upaya menampung air selama mungkin berada di dalam DAS untuk mengisi aquifer bebas, sehingga air dapat dikendalikan dan dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk kepentingan masyarakat. Pembuatan bioretensi dapat dilakukan di halaman rumah, selokan, trotoar, taman, lahan parkir dan di gang-gang sempit yang padat penduduk.
Proses pembuatannya terbilang sederhana.
1.pembuatan selokan kecil menuju sumur resapan.
2.penggalian sumur resapan satu meter persegi kedalaman 2,7 meter.
3.pemasangan bius penahan dinding sumur resapan. Bius terbuat dari cetakan beton, berbentuk seperti jendela persegi panjang berukuran satu meter, dan memiliki empat lubang. Bius dipasang di samping kanan kiri dan atas bawah dinding sumur resapan.
4.pemasangan ijuk dan batu kali di dinding bawah sumur resapan sedalam 1,7 meter. Ijuk dan batu kali ini berfungsi menyerap air dan menahan energi kinetik air yang masuk ke bawah sumur.
5.pemasangan penutup sumur. Penutup ini terbuat dari beton.

Air limpasan hujan sengaja diarahkan masuk ke sumur melalui sebuah pipa, sehingga air tidak semuanya langsung mengalir ke daerah lebih rendah.


1 comment:

  1. baru sempet komen, haha. mantep nih ayo lanjutin lagi entry nyaa. ditunggu loh~ semangat semuanya :)

    ReplyDelete