Friday, June 10, 2011

IPB CARBON SINK


Latar belakang
FMSC adalah sebagai himpunan profesi mahasiswa Departemen Manajemen Hutan, salah satu fungsinya adalah memfasilitasi proses pegembangan potensi mahasiswa di bidang disiplin ilmu manajemen hutan. Kelompok studi adalah kelompok mahasiswa Manajemen Hutan dengan minat sejenis yang dibentuk secara sukarela dengan fungsi untuk memperkaya proses pengembangan sub-sub bidang keilmuan Manajemen Hutan dan mengekspose kegiatan/produk yang khas berwenang untuk melakukan kegiatannya secara otonom dan dikoordinasikan oleh divisi Keprofesian FMSC.
Kelompok Studi Perencanaan FMSC merupakan salah satu kelompok studi yang berada dibawah divisi Keprofesian FMSC. Bergerak dibidang perencanaan hutan dalam hal ini berada dibawah bimbingan bidang perencanaan Departemen manajemen hutan. Secara umum perencanaan hutan memiliki beberapa kegiatan diantaranya inventarisasi sumberdaya hutan, pengukuhan kawasan hutan, penatagunaan kawasan hutan, pembentukan wilayah pengelolaan hutan, dan penyusunan rencana kehutanan. Kegiatan inventrisasi sumberdaya hutan dapat memberikan data dan informasi mengenai kondisi tegakan dan potensi hutan yang bisa dimanfaatkan. Salah satu informasi yang bisa diperoleh adalah mengenai kondisi tegakan dalam hal ini jumlah serapan karbon yang dihasilkan, maraknya isue carbon trade membawa harapn besar bagi kehutanan Indonesia. Oleh karena itu, diadakan suatu program kegiatan IPB Carbon Sink untuk seluruh anggota FMSC. IPB Carbon Sink merupakan suatu wujud kegiatan dalam mengaplikasikan ilmu-ilmu bidang Manajemen Hutan yang terangkum dalam Kelompok Studi FMSC 2011. IPB Carbon Sink mencoba memberikan gambaran serapan karbon yang dihasilkan kampus IPB Dramaga. Selain itu, IPB Carbon Sink sebagai wujud pengembangan potensi yang ada dalam diri, agar dapat memberikan kontribusi dalam proses pembangunan pada umumnya dan proses keprofesian pada khususnya.

Tujuan
Pelaksanaan IPB Carbon Sink 2011 memiliki beberapa tujuan, yaitu:
1.      Meningkatkan minat mahasiswa Manajemen Hutan dalam Kelompok Studi FMSC
2.      Mengaplikasikan bidang keilmuan Manajemen Hutan
3.      Menginventarisasi tegakan dan penamaan jenis tegakan di kampus IPB Dramaga
4.      Mengetahui serapan Carbon di kampus IPB Dramaga pada umumnya

Bentuk Kegiatan
Kegiatan yang akan dilaksanakan merupakan suatu kegiatan yang berbentuk aplikasi ilmu bidang-bidang keprofesian Departemen Manajemen Hutan yang terangkum dalam Kelompok Studi FMSC 2011, yang diisi dengan acara-acara untuk meningkatkan keterampilan dan keprofesionalitasan terhadap bidangnya.
Secara umum bentuk kegiatan ini berupa:
1.      Teknik Sampling
2.      Inventarisasi Tegakan
3.      Pengukuran Dimensi Tegakan
4.      Penamaan Jenis Tegakan
5.      Pengukuran Serapan Carbon
6.      Pemetaan

Waktu dan Tempat
Rangkaian Kegiatan IPB Carbon Sink dilaksanakan selama bulan Mei 2011, dan akan dibuka pada:
Tempat            : Pelataran Arboretum Fakultas Kehutanan IPB
Hari/tanggal    : Sabtu, 23 April 2011

Ini dia aksinyaaaa
PART I






















0 comments:

Post a Comment